setup floyd rose

Thursday, June 20, 2013

|
Berikut ini adalah beberapa sentuhan singkat dan sederhana untuk men'setup bridge tremolo gitar anda, atau biasa kita sebut dengan nama salah satu brand'nya adalah floyd rose. agar lebih optimal untuk dimainkan, dan menghasilkan tone yang maksimal pula.
Sekilas Tentang Floyd Rose
Floyd Rose sebenarnya bukan nama dari tipe bridge ini, floyd rose hanyalah salah satu merek dari model tremolo bridge yang populer ini. Tapi banyak orang kerap menggunakannya karena brand inilah yang paling populer dan banyak dijumpai.
Seperti apakah bentuk bridge ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ini berikut dengan keterangannya. Perhatikan istilah istilah pada gambar di kiri, karena akan digunakan pada artikel ini.
clip_image009
Mengganti Senar Pada Floyd Rose
Bagi anda anda yang mempunyai gitar dengan tremolo bridge seperti ini, dan anda tidak tahu bagaimana cara mengganti senarnya...berbahagialah! karena pasti artikel ini bisa membantu masalah anda!
Ada beberapa metode yang banyak beredar di kalangan gitaris mengenai bagaimana cara mengganti senar yang baik, yang efisien, tapi sekarang akan kita bahas 2 cara saja.
Cara Pertama adalah mengganti senarnya sekaligus. maksudnya adalah melepas semua senarnya terlebih dahulu, lalu baru mengganti'nya dengan senar yang baru. Cara ini cenderung lebih menyulitkan anda pada saat nanti akan men'setem senar baru anda, karena tahu sendiri, floyd rose bandel kalau mau di'setem. Tapi kalau anda mau membersihkan fretboard, atau mengganti pickup, harus melepas semua senar bukan?
clip_image010
Pertama tama, yang harus anda lakukan adalah menyangga floyd rose (lihat gambar A). pada gambar digunakan batere kotak 9v untuk menyangga, anda bisa menggunakan apa saja, pokoknya tujuan tercapai.
Setelah Bridge tersangga sampai menungging seperti itu, senar otomatis akan menjadi sangat kendur. sekarang lepaskan senar tersebut dari bridge dengan membuka "Saddle block clamp screw" menggunakan kunci L (lihat gambar B). setelah senar bisa ditarik lepas, "saddle block" yang kendur itu akan bisa terlepas dan jatuh lalu hilang, karena kecil dan sulit dicari. harap diperhatikan baik baik block kecil hitam ini.
Jangan lupa membuka locking nut (Gambar C) agar senar tidak terkunci lagi. Lalu lepaskan lilitan senar dari tuning machine di headstock. Sekarang senar lama pastinya sudah terlepas semua. Sanggahan bridge jangan dilepas dahulu, biarkan menungging seperti itu.
Sekarang Senar sudah terlepas semua dari neck, anda bisa membersihkan fretboard ataupun fretwire. Bisa dilihat pada Gambar D adalah sederetan besi fret yang sudah bersih mengkilap, tetapi ada satu yang masih kotor. (nggak ada hubungannya sama topik floyd rose nih..hehehe..)
Lalu cara memasang senar yang baru, caranya tidak sama seperti memasang senar pada bridge umumnya. Ball End pada senar (tambatan seperti bola) tidak akan dipakai, jadi dipotong dan dibuang saja.
Catatan tambahan: Floyd Rose Ibanez yang model terbaru tidak perlu memotong ball end ini, lebih canggih!
Senar yang baru ditambatkan dan dijepit pada "saddle block" terlebih dahulu, baru dililitkan pada tuning machine pada headstock. Tidak perlu banyak banyak lilitan, 2-3 lilit cukup.
Dengan posisi bridge yang masih tersanggah menungging, ambil tuner anda, lalu mulai menyetem senar yang baru. Hanya saja, kali ini anda tidak menyetem ke nada standar (E B G D A e), tapi sekitar 2 nada lebih rendah (C G D# A# F c) atau 2,5 nada lebih rendah (B F# D A E b), tergantung feeling anda. Semakin tinggi floyd rose anda menungging, semakin rendahkan seteman anda. (pada gambar A, floyd rose menungging tinggi sekali, apabila anda ingin menggunakan sanggahan yang lebih kecil, sangat diperbolehkan).
Tujuan dari metode ini, agar nanti pada saat sanggahan floyd rose dilepaskan, floyd rose akan turun dan menarik semua senar secara bersamaan menjadi lebih tegang, dan diharapkan mendekati E B G D A e.
SETUP FLOYD ROSE (part 2)
Cara Kedua dalam mengganti senar adalah mengganti senarnya satu persatu. Maksudnya adalah, mengganti senarnya satu persatu... ..... (nggak nolong ya..)..... hahahaha
Berbeda dengan cara yang pertama, bridge anda tidak perlu disanggah. Pertama tama, langsung lepaskan kuncian dari Locking Nut (Gambar C), agar senar tidak lagi terkunci.
Lalu Lepaskan salah satu senarnya saja, misalnya senar 1 terlebih dahulu. Kendurkan dulu senar itu dari tuning machine di headstock, baru lepaskan jepitan "saddle block" pada bridge. Apabila senar dalam keadaan tegang anda langsung melepaskan jepitan "saddle block", senar bisa terlontar keluar, dan mungkin melukai anda.
Setelah Senar 1 itu terlepas, langsung gantilah dengan senar 1 yang baru. Tambatkan ujung senar pada "saddle block" terlebih dahulu, lalu lilitkan ke tuning machine pada headstock. Langsung setem senar tersebut (dalam hal ini, senar 1 adalah E)
Lanjutkan prosedur diatas bergantian terhadap semua senar, sampai akhirnya semua senar sudah berganti jadi senar baru. Cara ini cenderung lebih aman, karena anda tidak perlu direpotkan dengan masalah setem setem yang bandel seperti cara pertama.
Setting Tegangan PER Pada Floyd Rose
Sedikit informasi, bahwa floyd rose ini, selain ditarik oleh senar, juga ditarik oleh sejumlah per yang terdapat pada bagian belakang gitar (Lihat gambar E). Cobalah buka tutup'nya, dan mulai bedah gitar anda.

clip_image012
Adalah tugas yang sangat berat dan melelahkan dalam hal menyeimbangkan tegangan per dan tegangan senar. Apabila tegangan per dan senar sudah seimbang, maka floyd rose akan seimbang pula (lihat gambar F). Floyd rose pada gambar F, sejajar dengan body gitar. posisi sejajar seperti inilah yang normalnya harus dipunyai semua floyd rose.
Lain halnya dengan Gambar G, dimana floyd rose menungging. tidak enak dilihat bukan, terkesan tidak pro. Mengapa bisa menungging seperti ini?? itu karena tarikan per kurang kencang, sehingga senar lebih kuat dalam hal tarik menarik, floyd rose menjadi tidak seimbang dan menungging.
Lain lagi jikalau tarikan per yang terlalu kencang, floyd rose akan melesak kedalam body (kebalikan gambar G).
Sedikit logika berpikir dalam upaya anda mesetting per ini. Bahwa, jika tegangan per dirubah, tegangan tarikan senarpun ikut berubah, yang menyebabkan seteman senar berubah, Contohnya:
Jika anda mengalami Kondisi seperti gambar G, dimana floyd rose menungging, berarti tarikan per kurang, masih kalah dengan tarikan senar. (katakanlah semua senar sudah tersetem dengan baik, E B G D A e).
Jika kita kencangkan tarikan per, memang benar, floyd rose akan semakin turun, dan mendekati posisi sejajar. TAPI! ingat bahwa senar yang tadinya sudah tersetem dengan baik, akan ikut tertarik floyd rose, dan nadanya akan berubah semakin tinggi.
Perlu diingat juga, Jika kita kendurkan senar yang tadinya sudah tersetem baik, otomatis tarikan senar akan mengendur, sehingga floyd rose akan turun juga mendekati posisi sejajar, tanpa harus mengencangkan per.
Lalu bagaimana solusi yang baik??
Kita lakukan keduanya!! Bagimana Caranya??
Katakanlah misalnya floyd rose anda menungging setinggi 2cm.
Pertama kita akan kencangkan per dibelakang hingga floyd rose turun menjadi 1cm, otomatis senar juga akan naik nadanya. Lalu sisa 1cm lagi bagaimana? floyd rose masih tetap menungging.
Sabar.. kendurkanlah senar yang naik nadanya tadi, setem lagi ke nada yang normal sebelumnya (E B G D A e)
nah coba sekarang lihat! Seiring dengan men'setem, floyd rose anda sudah turun ke posisi sejajar!
yaaa..mungkin tidak terlalu sejajar, mungkin masih kurang sedikit, tapi kurang lebih seperti itu. Terus coba untuk menyeimbangkan dengan proses trial and error, jika salah...COBA LAGI! memang memakan waktu dan tenaga, tapi hasilnya maksimal, floyd rose anda akan lebih enak untuk dimainkan.
CATATAN TAMBAHAN: Ingat bahwa jika anda membeli satu set senar, ukurannya bervariasi, berarti tegangan'nya juga bervariasi. Jikalau anda sudah menyeimbangkan per dengan senar D'addario ukuran 0.10 - 0.49. Lalu suatu saat anda mengganti senar dengan D'addario 0.11 - 0.52. Jangan terkejut jika floyd rose anda menungging lagi.
Gunakan selalu senar dengan string gauge yang sama, untuk menjaga stabilitas floyd rose anda.

0 comments:

Post a Comment

Followers

Powered by Blogger.

Followers

 

Lorem

Ipsum

Dolor